Saturday, May 11, 2013

Amazing Number-Angka Istimewa

Amazing Number-Angka Istimewa


 
Nah, berikut ini akan saya bahas salah satu keistimewaan pengoperasian angka dalam matematika. Tentu saja kali ini berbeda dengan ulasan sebelumnya. Bila anda belum membaca artikel tentang angka-angka istimewa bagian 1, silahkan klik di sini. Tapi bila sudah, ya sudah, baca yang ini saja :D
Bukan sulap, juga bukan sihir.
Anda bisa mengikuti 5 langkah mudah tanpa butuh bantuan kalkulator untuk melihat keistimewaan angka pilihan anda.
  • Pilih sebuah bilangan yang terdiri dari 2 digit angka.
  • Baliklah posisi digit angkanya. Angka pertama jadikan angka terakhir dan angka terakhir jadikan angka pertama
  • Carilah selisih dari bilangan pada langkah 1 dengan bilangan langkah 2
  • Carilah selisih dari digit pertama dan digit terakhir dari bilangan pilihan anda
  • Kemudian bagilah hasil dari langkah 3 dengan hasil langkah 4
Bingung? Harusnya tidak.
Maaf kalau kata-kata saya agak ‘njelimet’ tapi silahkan dilihat contoh ini supaya tidak bingung-bingung amat. :D
  1. Saya memilih bilangan 74
  2. Kemudian saya balik menjadi 47
  3. Saya hitung selisih 74 dan 47 adalah 74 – 47 = 27
  4. Saya hitung selisih 4 dan 7 adalah 7 – 4 = 3
  5. Kemudian saya bagi 27 dengan 3 maka 27 : 3 = 9
Lalu apa istimewanya???
Ayo coba lihat dengan contoh lain, pilih angka 29
  1. 29
  2. 92
  3. 92 – 29 = 63
  4. 9 – 2 = 7
  5. 63 : 7 = 9
Contoh lain lagi
  1. 32
  2. 23
  3. 32 – 23 = 9
  4. 3 – 2 = 1
  5. 9 : 1 = 9
Sudah lihat keistimewaannya?
Belum?
Baiklah…

Tapi dapatkah anda menjelaskan mengapa hasil akhirnya selalu 9?

No comments: