Saturday, May 11, 2013

Enam kriteria pemimpin Indonesia masa depan

Pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, hari ini menghasilkan rumusan tentang kriteria calon presiden/pemimpin Indonesia tahun 2014.

Ada enam kriteria yang harus dipenuhi, jika ingin menjadi pemimpin Indonesia masa depan.

1. Kriteria pertama adalah harus mempunyai jejak kepemimpinan di berbagai organisasi, perusahaan maupun lembaga.

Dalam rekam jejak kepemimpinannya tidak pernah melakukan atau diopinikan memiliki kasus, baik kasus KKN maupun cacat moral lainnya.

2. Seorang calon pemimpin harus memiliki keberanian dan ketegasan dalam menegakkan keadilan meski harus berhadapan dengan banyak pihak.

3. Pemimpin juga harus bisa berinovasi dan mempunyai visi. Sehingga bisa menciptakan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa

4. Pemimpin harus bisa memprediksi datangnya gelombang dan mengetahui bagaimana menghadapinya, serta memiliki rumusan yang jelas akan dibawa kemana bangsa ini.

5. Pemimpin harus bisa bersikap profesional dan berdiri di atas semua golongan serta tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun, dengan mempertimbangkan NKRI yang multi kultur dan multi etnik.

6. Pemimpin harus mampu membawa bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa maju di Asia dan tetap memiliki komitmen yang tinggi memperjuangkan masyarakat lapis bawah yang kurang beruntung.

---------------

Silahkan kepada yang punya ke enam kriteria ini maju atau dimajukan.....

No comments: